Senin, 23 November 2015

Tentang Hari Kehancuran

Definisi 

As-saa’ah (hari kehancuran / the hour) adalah peristiwa hancurnya alam semesta setelah tiupan sangkakala pertama oleh malaikat isrofil atas kehendak Allah ta’ala.

Yaumul qiyamah (hari kiamat / resurrection day) adalah hari berbangkit (yaumul ba’ts), yakni bangkitnya manusia dari alam kubur setelah tiupan sangkakala kedua oleh malaikat isrofil atas kehendak Allah ta’ala.

Fitnah Akhir Zaman

Dari Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi berkata bahwa ada empat fitnah akhir zaman yang akan dialami umat ini:

1. Dihalalkan darah
2. Dihalalkan harta
3. Dihalalkan kemaluan

Aisyah bertanya, “Apakah kaum muslimin akan binasa, padahal ada di antara mereka orang-orang shaleh?” Jawab Nabi, “Ya, jika zina sudah tak terkawal dan maksiat merajalela, maka bala/adzab akan turun”.

4. Zaman Dajjal, tanda-tanda Dajjal hampir muncul:
  1. Pertumpahan darah berlaku di kalangan umat Islam
  2. Dihalalkan riba
  3. Arak dihalalkan
  4. Zina dihalalkan
  5. Orang tidak mau belajar ilmu agama
  6. Orang tidak mau beramal dengan agama (sekularisme)
  7. Tanah diambil secara paksa
  8. Harga barang melambung tinggi
Pemimpin Mesir

Atsar dari Abu Hurairah bahwa negeri Mesir akan diperintah oleh ham - malikul misri yang memerintah dengan adil, lalu pada masa yang sama munculnya Imam Mahdi yang akan bergabung untuk lawan Yahudi Dajjal.

Hadits Nabi

Kata Nabi allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammad dalam sebuah hadits:
  1. Fitnatul ahlas: peperangan sesama muslim (Syiah - Sunni)
  2. Fitnatus sarra’ / fitnah kesenangan. Senang adalah puncak bermaksiat; saat senang lupa kepada Allah, saat susahlah ingat Allah.
  3. Fitnah akan keluar dari ahlul bait keluargaku yang dia menyangka keturunanku, padahal bukan: Syiah Iran. Para Auliya’-ku adalah Muttaqun (orang-orang bertakwa).
  4. Manusia akan berhimpun rapat seperti tulang punggung dengan rusuk, yakni manusia akan dekat dengan pemimpin yang teruk, akhirnya rakyat juga akan ikut teruk.
  5. Kemudian manusia akan terbelah dua: (1) orang beriman tak ada nifak, (2) orang nifak tak ada iman. Atau (1) orang yang mau dengan Islam, (2) orang yang tak mau dengan Islam
Maka tunggulah hampir datangnya Dajjal, pada hari itu juga atau keesokan harinya (Al-Hadits). Di zaman Dajjal ada zaman perang: Al-Malhamah Kubra / Armageddon.

Nasehat Kaum Muslimin

Nasehat untuk kaum muslimin di akhir zaman:
  1. Maka siapkan iman tuan-tuan, kembali ke rumah Allah (Baitullah), kembali ke syariat Islam. Al-kuffar millatun aqidah – orang kafir itu satu akidah. Baliklah ke rumah Allah agar kita kuat.
  2. Maulana Ali Al-‘Adawi berkata, “Mengapa umat Islam mundur? Karena tidak melazimi shaf pertama, kalau ingin maju berlombalah dengan shaf depan.

*Catatan dari kuliah Tok Guru Muhammad Zainul Asri tentang akhir zaman, selengkapnya periksa: https://www.youtube.com/watch?v=EeWSuiAhyPQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar